top of page

Bagaimana Teknologi Mengubah Hidup Kita

Updated: Sep 11, 2023

Eps. 2 “Apa yang akan terjadi jika tidak ada Internet”



Bagaimana jika kamu terbangun dan diluar dugaan tidak ada internet? Tanpa Google Maps untuk menyusuri jalan di kota yang asing, tanpa kartu kredit untuk membayar makan siang kamu?

Seketika kita mengalihkan pandangan dari layar dan memulai percakapan nyata satu sama lain, kita akan menggunakan kembali mesin faks, dan mulai membuat catatan dengan tangan.

Dunia tidak akan berantakan. Faktanya, dengan hampir 3 miliar orang tidak memiliki akses ke Internet di seluruh dunia, setengah dari umat manusia tidak akan menyadari perbedaan dalam jangka pendek. Tapi tidak untuk kamu, pengguna Internet yang hebat. kamu akan segera menyadarinya!

Jika Internet tiba-tiba menghilang, pengguna media sosial akan mulai menelepon satu sama lain di telepon, membebani sistem telekomunikasi yang berfungsi. Kecuali menara telepon seluler dan saluran telepon juga ditutup. Kemudian kamu akan kembali menulis surat dan mengirimnya melalui pos.

Bisakah kita menghidupkan kembali kebiasaan dan infrastruktur lama?

Apakah ini masih berfungsi?

Dalam dua tahun, jumlah website online berkembang dari ratusan menjadi ribuan. Dari langkah kecil ini, internet menguasai hampir seluruh entitas kehidupan, minimal untuk beberapa orang. Tapi bagaimana jika semuanya hilang?

Menghilangnya internet di dunia akan lebih terasa berdampak pada beberapa generasi.

Kakek-nenek berusia 85 tahun mungkin masih lebih nyaman menggunakan telepon rumah kuno untuk menelepon cucu mereka daripada mengirim pesan, suatu kegiatan yang saat ini hanya dilakukan beberapa orang kali setiap hari.

Jadi tidak ada SMS, tidak ada lagi situs web surfing, dan tentu saja mengucapkan happy anniversary pada media sosial. Kamu akan sadar bahwa tweet terakhir yang kamu kirimkan tentang tiket konser Justin Bieber yang sulit didapatkan akan menjadi yang terakhir. Sekarang pikirkan tentang ekonomi.

Dengan data keuangan yang umumnya disimpan di server, layanan perbankan sangat bergantung pada Internet. E-transfer tidak mungkin dilakukan, kartu kredit dan debit Anda akan menjadi plastik yang tidak berguna.

Pikirkan kembali bagaimana cara kamu bertransaksi

Kembali ke uang tunai

Dan bagaimana dengan semua bitcoin yang kamu hasilkan dengan susah payah?

Diperkirakan 85% orang Amerika menggunakan Internet dengan berbagai cara, tidak hanya untuk Facebook dan Twitter. Ekonomi global telah bergeser ke ketergantungan yang semakin meningkat pada belanja online dan transaksi keuangan.

E-transfer akan dihapus, orang-orang harus kembali menulis cek sewa pemilik rumah mereka. Kerugian triliunan dolar akan dirasakan oleh berbagai industri di seluruh dunia.

Negara-negara yang sangat bergantung pada Internet untuk membantu pertumbuhan dan stabilitas ekonomi mereka akan terbawa dengan negara-negara yang kurang paham teknologi ketika saluran perdagangan online yang dibangun di seluruh dunia runtuh.

Lebih dari itu, perusahaan besar seperti Google, Facebook, dan Amazon akan menghilang dari dunia bisnis, kehilangan pendapatan mereka hampir 440 juta dollar. Google sendiri memiliki 80.000 karyawan full time, ratusan dari ribuan orang akan tidak memiliki pekerjaan.

Bahkan perusahaan yang hanya menggunakan internet sebagai iklan akan ikut terdampak. Negara berkembang akan kehilangan sebagian industri dan menghadapi krisis ekonomi.

Bagaimana dengan negara yang hanya menggunakan sedikit internet?

Penggunaan kertas akan semakin meroket

Mereka akan terdampak juga, pasar internasional bergantung pada internet. Jadi dunia transit dengan tidak adanya internet akses antara bandara, pesawat, kapal, kereta, dan truk komersial, kita akan kembali memantau perdagangan dengan kertas.

Ini akan meningkatkan nilai pasar dari transportasi produk, akan menjadi lebih membingungkan untuk mengirimkan barang ke toko-toko. Tetapi minimal kamu masih tetap bisa berlibur meskipun kamu tidak memiliki instagram untuk membagikan liburan selfie kepada siapapun.

Lalu apakah mungkin internet mati?

Mungkin, tidak seluruh dunia. Beberapa negara sebetulnya pernah memperkenalkan “kill switch” untuk sengaja mematikan internet dan saluran komunikasi telepon.

Tetapi untuk mematikan seluruh internet lebih sulit daripada hanya memotong beberapa kabel bawah laut. Internet adalah jaringan global dari banyak jaringan komputer lain. Tidak bergantung pada satu mesin, bahkan jika satu bagian offline, yang lain akan tetap berfungsi.

Akhir dari dunia yang seperti kita ketahui

internet masih belum menjadi segalanya dan mengakhiri semua layanan yang tersedia bagi umat manusia, tetapi hilangnya internet akan segera mengubah dunia kita seperti yang kita kenal.

Ada langkah-langkah untuk memastikan bahwa skenario ini tidak akan pernah terjadi, tetapi tidak ada salahnya untuk memindahkan beberapa video Youtube favorit Anda ke dalam compact disc untuk berjaga-jaga.

2 views0 comments

Comentarios


bottom of page