top of page

Kilas Balik Tiga Tahun Perjalanan Everidea Interactive

Updated: Oct 5, 2023


Tahun 2021 menandakan tiga tahun perjalanan Everidea Interactivesebagai sebuah creative company. Filosofi yang ditanamkan Everidea dalam setiap langkahnya adalah “Interactive, Progressive, Youth”. Dengan filosofi ini Everidea memiliki semangat untuk memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat dengan percaya bahwa edukasi merupakan kunci untuk membawa bangsa kearah yang lebih baik. Everidea percaya bahwa dalam setiap karya yang dipersembahkan, harus selalu ada pesan positif yang dapat tersampaikan untuk memberikan kebermanfaatan.

Layaknya roller-coaster, perjalanan tiga tahun terakhir telah membawa Everidea ke hadapan berbagai situasi. Banyak hal yang telah terjadi dalam periode waktu tersebut. Tulisan ini merupakan sebuah rangkuman mengenai apa saja yang telah Everidea lalui dan pencapaian apa saja yang sudah diraih sebagai pengingat untuk terus menyebarkan value yang ingin disampaikan.


Timeline

Semenjak Everidea berdiri sampai dengan hari ini, telah banyak terjadi perkembangan dalam diri Everidea, eksplorasi dan inovasi terhadap hal-hal yang baru merupakan bekal everidea dalam terus mengembangkan diri untuk masa depan. Berikut ini adalah rangkuman petualangan Everidea setiap tahunnya; Mei 2018 — Everidea Interactive memulai petualangannya sebagai sebuah game studio yang berfokus dalam pembuatan games untuk beberapa platform khususnya mobile. 2019 — Pada periode ini, Everidea mulai bereksplorasi dan mendalami bidang digital interaktif non-game seperti virtual reality, augmented reality, dan interactive installation. 2020 — Everidea berevolusi dari yang tadinya berfokus sebagai Game Studio menjadi Integrated Digital Interactive Company. Pada titik ini everidea mengembangkan “permainan” nya ke bidang lain seperti AR Filter dan Virtual Exhibition Solutions. Walaupun game sudah tidak lagi menjadi fokus utama, Everidea juga tetap tidak meninggalkan identitas pertama mereka dengan tetap menggarap beberapa produk berupa mobile games dan AR Filter Games. 2021 — Ekspansi dengan membentuk 4 Business Unit dengan fungsi dan visi yang berbeda namun tetap dalam satu “payung” Everidea Interactive. Unit bisnis yang dibentuk adalah;

  • Everidea Services; Berfokus pada produksi layanan-layanan B2B dan menjadi solusi bagi brand dan client untuk kebutuhan layanan teknologi khususnya teknologi digital imersif.

  • Everidea Entertainment; Pembuatan Interactive Consumer Products menjadi fokus dari unit bisnis Everidea Entertainment dengan mempersembahkan produk-produk yang bisa dinikmati oleh audiens dan konsumen seperti games atau produk imersif seperti Modular AR.

  • Everidea Education; Melalui unit bisnis ini, Everidea berfokus untuk meningkatkan dampak terhadap sosial melalui edukasi secara interaktif, karena seperti yang disinggung sebelumnya, Kami percaya bahwa Edukasi merupakan kunci untuk memajukan bangsa.

  • Kultur Lokal; Merupakan sebuah unit bisnis berbentuk media yang berfokus kepada konten-konten lokal termasuk didalamnya mengenai seni dan kultur pop di kalangan muda-mudi Indonesia.



Achievements & Events Tiga tahun berlalu Everidea kerap berpartisipasi dalam berbagai event dan acara dengan skala lokal atau internasional, dan ini adalah rangkuman mengenai event-event apa saja yang Everidea telah ikuti;

  • Indie Games Accelerator Class of 2018 — Everidea “lulus” dari dari Indie Games Accelerator, sebuah program dari Google untuk startup yang berfokus kepada pembuatan indie games terpilih. Indie Games Accelerator sendiri telah menjadi “Benchmark” bagi studio Indie Games yang ingin melenggang di dunia mobile gaming.


Indie Games Accelerator 2018

  • Games Connection America 2019 — Everidea terpilih untuk menjadi salah satu game studio yang diberi kesempatan untuk ikut serta di event internasional berlokasi di Amerika Serikat, dimana yang menjadi peserta nya melebihi 1500 dan berasal dari kalangan developer, publisher, distributor dan penyedia layanan di industri games.


Game Connection America 2019

  • Gamescom 2019 — Melalui Archipelageek, Bekraf mengikutsertakan Everidea dengan beberapa perusahaan games lokal lain untuk menjadi delegasi Indonesia pada pagelaran Gamescom di Jerman. Gamescom sendiri Merupakan salah satu event gaming industry tahunan terbesar di Eropa bahkan di dunia.


Gamescom 2019

  • External Development Summit 2019 — Everidea juga pernah mengikuti acara External Development Summit di Kanada pada tahun 2019. XDS juga merupakan event tahunan yang diselenggarakan dengan fokus utama pada seni, animasi, software engineering, dan QA. XDA dihadiri oleh peserta dari 45 lebih negara yang memberlakukan external development untuk industri games.


External Development Summit 2019

  • Gameprime 2019 — Selain event internasional, Everidea juga menghadiri event lokal seperti Gameprime; sebuah event industri games terbesar di Indonesia yang diinisiasi oleh Bekraf dengan berkolaborasi bersama GGWP.ID dan Asosiasi Games Indonesia (AGI).

  • Enpact Covid-19 Relieve Program 2020 — Everidea Interactive terpilih menjadi salah satu startup yang berhasil lolos dalam Enpact Covid-19 Program, Program ini merupakan bagian dari rangkaian acara Empowering Entrepreneurship Initiative Enpact yang diciptakan untuk memberikan dukungan langsung pada 600 peserta yang terdiri dari berbagai perusahaan di negara berkembang yang terkena dampak dari pandemi COVID-19. Peserta program ini berasal dari Mesir, Ghana, Yordania, Kenya, dan Indonesia.




Proudly Presented Products Modular AR Pandemi Covid-19 membuat banyak industri mengalami penurunan performa, termasuk industri musik. Everidea Interactive memiliki ide untuk mengatasi hal ini dengan membuat sebuah platform berbasis Augmented Reality bernama “Modular AR” sebuah aplikasi yang memungkinkan musisi untuk tetap membuat sebuah konser virtual yang ditujukan untuk para penggemarnya. Dengan adanya Modular AR diharapkan Industri musik khususnya konser dapat terlaksana dalam kondisi apapun khususnya pandemi tanpa harus berkerumun.

Games Dalam perjalanannya, Everidea membuat beberapa games contohnya mobile games yang ditujukan untuk end consumer.

  • “Day One”; sebuah game storytelling yang mengangkat tema isu kesehatan mental di kalangan generasi muda. Day One memiliki 4 ending utama yang dapat menjadi alur cerita yang ditentukan oleh user selama memainkannya.



  • “The Leaders”, Sebuah game pada platform mobile yang dikembangkan oleh Everidea melalui salah satu unit bisnis nya yaitu Everidea Education yang memiliki pesan dan tema mengenai decision making dan leadership.



  • Selain itu, Everidea juga membuat games yang ditujukan untuk client dan brand dalam bentuk browser games seperti “Wardah Brightdays” dan beberapa game lainnya.

AR Filters Instagram telah menjadi salah satu platform terbesar di dunia, hal ini menjadikannya sebagai salah satu media yang digunakan oleh brand untuk menjalankan strategi-strategi marketing mereka. Everidea telah dipercaya oleh berbagai brand dan client untuk membuat Augmented reality filter sesuai kebutuhan dan tujuannya masing-masing.


Virtual Exhibition Everidea memberikan solusi atas sulitnya membuat sebuah event di keadaan pandemi. Kerumunan pengunjung bukanlah sebuah masalah bagi suatu event apabila event diadakan secara virtual. Massa dan audiens dapat berkumpul tapi tidak secara fisik melainkan secara virtual dengan adanya Virtual Exhibition. Lembayung Tahun 2021 ini Everidea mengembangkan sebuah IP berbentuk karakter komik dengan nama Lembayung. Menceritakan keseharian seorang remaja perempuan yang masih duduk di bangku Sekolah Menengah Atas. Keseharian ceria Lembayung diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi perempuan muda Indonesia karena didalamnya diselipkan tema-tema yang ingin disampaikan oleh Everidea mengenai self-love, self-actualization, woman empowerment, dan reach big dreams.



Lembayung © Everidea Interactive

Tahun 2021 ini Everidea mengembangkan sebuah IP berbentuk karakter komik dengan nama Lembayung. Menceritakan keseharian seorang remaja perempuan yang masih duduk di bangku Sekolah Menengah Atas. Keseharian ceria Lembayung diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi perempuan muda Indonesia karena didalamnya diselipkan tema-tema yang ingin disampaikan oleh Everidea mengenai self-love, self-actualization, woman empowerment, dan reach big dreams.


Tiga tahun bukanlah waktu yang sedikit, dalam tiga tahun yang berharga ini Everidea telah mengalami beberapa perubahan dan mendapatkan berbagai insight dan pengalaman. Namun disisi lain, tiga tahun juga bukanlah waktu yang panjang. Usia ke-3 masih merupakan usia muda dan dengan segala semangat dan visi yang dimiliki. Everidea masih memiliki ambisi untuk terus mengembangkan sayap dan berinovasi.

Perubahan-perubahan yang terjadi sedikit banyak telah berdampak kepada Everidea, namun satu hal yang pasti adalah Everidea tetap persisten dalam visinya untuk membawa perubahan dan dampak positif kepada masyarakat Indonesia melalui produk dan karya yang kreatif.


20 views0 comments

Comments


bottom of page