top of page

Teknologi Mengubah Cara Hidup Manusia

Updated: Sep 11, 2023

Eps. 1 “Ancaman atau Peluang”



Teknologi, satu kata yang sangat berperan penuh dalam perkembangan kehidupan manusia saat ini. Di Era seperti saat ini mungkin hampir sebagian penduduk di seluruh dunia termasuk di Indonesia sendiri pun sudah menikmati kemajuan teknologi. Berbicara tentang teknologi tidak akan terpisahkan dengan internet dan Gadget yang merupakan hasil dari teknologi itu sendiri.

Teknologi pada dasarnya adalah cara kita mengeksekusi penemuan sains dan memadukannya dengan kebutuhan kita sendiri. Teknologi adalah istilah umum yang digunakan untuk merujuk pada berbagai alat, mesin, dan peralatan yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Alat dan perlengkapan ini telah diciptakan oleh manusia untuk membuat tugas lebih cepat, lebih mudah dan lebih nyaman.

Sejak penemuan komputer dan ponsel, teknologi telah berkembang pesat. manusia telah mencapai bulan dan menjelajahi luar angkasa hanya karena kemajuan di bidang aeronautika.

Beberapa dekade terakhir, kita bisa melihat lompatan teknologi. Manusia, yang sebelumnya beberapa puluh tahun lalu masih menggunakan komputer berukuran besar dan berat kini sudah bisa menenteng smartphone dengan performa yang bahkan jauh lebih hebat.

Inovasi teknologi ini juga berpengaruh pada berbagai lini kehidupan manusia. Penggunaan uang kertas yang semakin jarang, konsumsi kertas untuk berbagi informasi yang makin sedikit, dan serta kecepatan pengiriman informasi yang membuat manusia mudah mengetahui apa pun dan di mana pun.

Berikut beberapa inovasi teknologi berpengaruh yang sudah kami rangkum:

Smartphone

Jika kamu adalah bagian dari generasi Z, mungkin tidak menemui masa di mana smartphone masih menjadi barang yang mahal. Bahkan, sebelumnya, ponsel berbentuk layar yang bisa disentuh sempat dijadikan impian yang biasanya ada pada film fiksi ilmiah saja.

Padahal, jika merunut lebih jauh, sejarah smartphone ternyata cukup panjang. Secara teknis, smartphone pertama dibuat IBM pada awal tahun 1990-an. Sedangkan smartphone klasik pertama dirilis pada akhir 2000-an.

Kini, smartphone menjadi salah satu kebutuhan masyarakat. Mengisi dan menemani seluruh aktivitas masyarakat. Dan menjadi sesuatu yang wajar dalam pandangan masyarakat.

Artificial Intelligence

Kecerdasan Buatan saat ini masih jadi bahan diskusi dan debat yang panas. Teknologi ini pada dasarnya mensimulasikan kecerdasan manusia untuk melakukan hal-hal yang tidak bisa dilakukan jenis teknologi lainnya.

Meskipun baru ramai dibahas selama beberapa tahun terakhir, gagasan mengenai Kecerdasan Buatan ternyata berusia panjang. Bahkan, mencapai abad 14 SM.

Di masa itu, penyair dan teolog asal Catalan diketahui merancang konsep kasar dari Kecerdasan Buatan. Namun, baru pada tahun 1995 terminologi Artificial Intelligence mulai dipublikasikan.

Publikasi tersebut datang bersamaan dengan penggunaan program komputer AI pertama yang dikembangkan oleh Allen Newell, Herbert Simon, dan Cliff Shaw.

Dengan perkembangan teknologi, globalisasi semakin meningkat. Dunia menjadi lebih dekat, dan sistem ekonomi dunia menjadi saling bergantung satu sama lain. Informasi dapat disebarkan dengan cepat dan mudah dari seluruh penjuru negeri.

Media sosial merupakan salah satu model komunikasi yang tersedia karena teknologi. Sekarang lebih mudah dari sebelumnya untuk berbagi foto dan informasi tentang hidup Anda dengan orang yang Anda kenal di seluruh dunia. Bahkan, saat ini perangkat mobile juga menawarkan beberapa jenis komunikasi video call dengan adanya fitur dual kamera menggunakan aplikasi seperti Skype atau program lainnya. Misalnya, Apple yang memiliki Facetime, yang memungkinkan pengguna iPhone untuk berbicara secara tatap muka dengan pengguna iPhone lainnya.

Dunia bisnis juga merasakan manfaat untuk memangkas biaya yang lebih efisien bagi perusahaan dan konsumen dengan menggunakan teknologi informasi. Perampingan tenaga akan meningkatkan produktivitas usaha serta memberikan keuntungan lebih besar, yang memungkinkan perusahaan untuk menawarkan gaji yang lebih baik dan kondisi kerja yang lebih ringan.

Sayangnya, bersamaan dengan penciptaan lapangan kerja baru dan menarik, teknologi juga menyebabkan kenaikan pengangguran. Dengan merampingkan proses bisnis, redudansi pekerjaan, perampingan tenaga dan outsourcing terjadi. Banyak pekerjaan tingkat rendah dan menengah telah berpaling ke tenaga dari negara-negara lain, yang menyebabkan orang lebih banyak menganggur.

perkembangan teknologi dapat menjadi ancaman karena kedepannya aspek Sumber Daya Manusia (SDM) sebuah perusahaan akan berkurang karena adanya tenaga berbasis teknologi.

Sedangkan dari sisi peluang, perkembangan teknologi dapat memberikan kemudahan, efisiensi, dan efektif pada segala sesuatu yang dikerjakan terlebih untuk milenial.

Perkembangan teknologi itu bisa menjadi ancaman dan bisa menjadi peluang, bagaimana kita melihat pandangannya saja, seperti api, api bisa untuk memasak tapi juga bisa membakar diri kita.

Jadi siapkah kita dengan perkembangan teknologi yang semakin masif ini Everian?

2 views0 comments

Comments


bottom of page